Usir Cantik HALITOSIS !!

Sebelumnya udah pada tahu belum tentang HALITOSIS?

Jadi, HALITOSIS (Bad Breath) itu sama dengan bau mulut. Mungkin ada diantara kita yang merasa mengalami bau mulut atau orang disekitar kita yang tidak menyadarinya.

 

Apa penyebabnya ?

Penyebab yang paling utama adalah oral hygiene yang tidak bagus seperti jarang menyikat gigi sehingga terjadi peningkatan jumlah bakteri dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersih mulut yang baik maka sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan atau media yang cocok untuk perkembangbiakan bakteri. Penyebab lainnya adalah penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi), penyakit sistemik seperti infeksi saluran pernafasan dan gangguan pencernaan, xerostomia (mulut kering), dan penggunaan obat-obat tertentu seperti antihipertensi dan kebiasaaan merokok.

 

Bagaimana mengatasinya ?

Tidak ada pengobatan atau treatmen khusus untuk mengatasinya. Maka penting bagi kita untuk mengetahui penyebab pasti dari keadaan bau mulut, sehingga dapat diatasi sedini mungkin dengan menghilangkan penyebabnya.

Khusus untuk yang jarang sikat gigi maka mulai sekarang biasakanlah untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, melakukan flossing sekali sehari untuk mengangkat plak dan sisa makanan yang tersangkut disela-sela gigi, membersihkan lidah secara teratur, menggunakan obat kumur antibakteri untuk mengurangi pertumbuhan bakteri daalam mulut, serta scalling (pembersihan karang gigi). Hal lain yang dapat kita lakukan adalah dengan perbaikan dan penmabalan gigi berlubang, berhenti merokok, perbanyak minum air putih dan konsumsi sayur-buah, serta periksa ke dokter tiap 6 bulan sekali.

Teman-teman, jangan menyepelekan masalah bau mulut karena dapat mengurangi rasa percaya diri kita ketika berinteraksi dengan orang lain dan tidak menutup kemungkinan kalau halitosis merupakan manifestasi dari penyakit tertentu, terutama penyakit sistemik. Jadi, mulailah menjaga kebersihan rongga mulut sedini mungkin. SALAM SEHAT !! (Suryani DD28).

_PIK-M UKESMA UGM_

 

Referensi :

www.nlm.nih.gov/medlineplus/badbreath.html

http://www.betterhealth.vic.gov.au/bhcv2/bhcarticles.nsf/pages/Halitosis_or_bad_breath

 

Mei 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *