BERIBU MANFAAT BUAH

Hallo pejuang sehaatt..

Sudah mengkonsumsi buah kah hari ini? Kalau belum cus deh pergi ke toko buah.

Loh, kenapa? Taukah kalian, apa saja manfaat buah? Kalau belum, coba simak artikel ini.

Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat yang mudah untuk ditemukan. Selain mudah ditemukan, buah-buahan juga merupakan makanan yang mengandung banyak manfaat.  Sejak zaman dahulu, buah-buahan sudah di percaya sebagai makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Namun, sangat disayangkan bahwa masih banyak orang yang belum mengatahui cara mengkonsumsi  buah yang benar. Hal tersebut menyebabkan nutrisi dalam buah tidak terserap maksimal oleh tubuh. Padahal, di dalam buah-buahan terdapat beberapa kandungan utama, seperti air, vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan juga karbohidrat. Serat di dalam buah-buahan ini dapat berguna untuk memperlancar proses pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit. Sedangkan antioksidan dalam buah-buahan berfungsi sebagai penangkal zat-zat radikal dalam tubuh.

Setiap buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Bahkan, setiap warna buah juga mengandung nutrisi yang berbeda. Berikut kandungan nutrisi dalam buah sesuai dengan warna:

  1. Warna Merah
    Warna merah yang terdapat pada buah seperti strawberry, pepaya, jambu biji, anggur, semangka dan jenis buah lain dengan warna kuning tua sampai warna merah. Buah berwarna merah menunjukan bahwa dalam buah tersebut terdapat kandungan lycopene yang mempunyai manfaat untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya serangan jantung dan kanker.
  2. Warna Hijau
    Warna hijau biasanya ditemukan pada buah alpukat. Warna hijau tersebut menunjukkan bahwa di dalam buah terdapat kandungan lutein zeaxanthin yang memiliki manfaat untuk mencegah sel-sel kanker.
  3. Warna Kuning
    Warna kuning biasa kita temukan pada jenis buah-buhan seperti pisang dan mangga. Buah dengan warna tersebut mempunyai kandungan beta karoten yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit.
  4. Warna Biru dan Ungu
    Jenis buah dengan warna ungu dan biru biasa kita temukan pada buah blueberry dan buah anggur. Warna yang terdapat dalam buah tersebut terdapat kandungan anthocyanins flavanoids yang berfungsi sebagai anti karsinogen
  5. Warna Putih
    Warna putih biasa ditemukan pada buah seperti pir atau jenis buah lain yang mengandung zat allicin. Buah dengan warna putih dapat berfungsi sebagai pereda pilek atau flu, menurunkan kolesterol serta menghambat sel kanker.

Karena masing-masing warna buah mempunyai kandungan dan zat yang berbeda, maka sebaiknya setiap orang mengkonsumsi buah minimal 10 porsi, 10 jenis dan 10 warna perhari, pernyataan ini dikemukakan oleh Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM, dalam acara konferensi pers Hari Buah Sedunia di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (1/7/2010). Dr Samuel mengungkapkan bahwa untuk mengonsumsi sebanyak 10 porsi dengan jenis dan warna berbeda memang agak sulit, tetapi untuk pemula bisa dimulai dengan 3 porsi, 3 jenis dan 3 warna per hari. Selain itu alangkah lebih baik jika kita juga memperhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah, agar kandungan dalam buah dapat di serap sempura untuk tubuh sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Sebenarnya buah dapat dimakan kapan saja, baik itu sebelum atau setelah makan. Namun penyerapan nutrisi dari buah tersebut akan berbeda jika dimakan sebelum dengan sesudah makan. Umumnya, orang Indonesia beranggapan buah-buahan itu adalah sebagai “pencuci mulut” setelah makan. Buah-buahan yang sering dihidangkan setelah makan adalah pisang atau jeruk. Pada setiap jamuan makan prasmanan selalu ada hidangan buah potong seperti semangka, pepaya, dan buah melon.

Menurut dr. Laila Hayati, Spesialis Gizi dari RSAB Harapan Kita, buah sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar vitamin dalam buah terserap maksimal oleh tubuh karena ada beberapa bahan makanan yang dapat mengganggu proses tubuh mengabsorb vitamin. Saat kita makan makanan berat, tubuh akan memerlukan waktu cukup lama untuk mencerna makanan tersebut. Jika setelah makan berat kemudian kita mengkonsumsi buah, maka buah akan terlambat untuk dicerna, sehingga menyebabkan penyerapan vitamin dan zat-zat yang terkandung dalam buah tidak maksimal. Berbeda jika kita mengonsumsi buah saat perut masih kosong. Buah-buahan lebih cepat dicerna oleh tubuh kita daripada karbohidrat. Setelah makan buah, beri jeda tiga puluh menit hingga enam puluh menit untuk memberi kesempatan bagi tubuh mencerna buah-buahan dan menyerap nutrisi. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar penyerapan nutrisi buah-buahan oleh tubuh menjadi lebih maksimal. Sesudah itu, barulah makan berat seperti nasi dan lauk pauk lainnya. Namun untuk penderita radang lambung atau maag sebaiknya mengonsumsi buah setelah makan agar radang lambung ataupun maag yang di derita tidak semakin bertambah parah.

Jadi, pejuang sehat juga harus pilih-pilih buah sebelum beli nih. Loh, kenapa? Seperti penjelasan diatas, berbeda warna buah, berbeda pula kandungan nutrisi dan manfaat di dalam buah tersebut. Disesuaikan saja, apa yang lebih diperlukan oleh tubuh kita dan pastinya dengan mempertimbangkan keadaan kondisi tubuh kita juga.

Semangat mempertahankan kesehatan, pejuang sehat! Salam sehat!

(Meyda/DD30)

 

Sumber :

http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/The-right-way-to-eat-fruits/articleshow/10915750.cms

http://www.healthxchange.com.sg/healthyliving/DietandNutrition/Pages/Should-Fruit-Be-Eaten-Before-or-After-Meals.aspx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *