[Press Release] Aksi Donor Darah

Untuk memperingati HUT ke-31 UKESMA UGM, Unit Kesehatan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada mengadakan beberapa rangkaian acara. Mulai dari talkshow dengan tema “No Stigma For HIV AIDS”, aksi donor darah, bakti sosial, dan malam puncak. Setiap acara disambut dengan antusias oleh para peserta.

 

Acara “Aksi Donor Darah” yang dieselenggarakan pada tanggal 2-3 Mei 2016 juga mendapat antusias yang luar biasa dari para peserta donor darah. Tidak hanya mahasiswa UGM saja yang menjadi peserta donor darah, masyarakat umum pun  ikut berpartisipasi dalam acara ini. Aksi Donor Darah merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh UKESMA UGM untuk menyambut HUT UKESMA UGM. Apabila tahun lalu acara ini diselenggerakan di tiga tempat, pada tahun ini acara diselenggarakan selama dua hari secara serentak di empat tempat yaitu Perpustakaan Pusat, Sekolah Vokasi, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Masjid Kampus UGM. Acara ini juga bekerjasama dengan UPTD Sardjito, PMI Kulonprogo, PMI Gunung Kidul, PMI Bantul, PMI Kota dan Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Jakarta.

 

Selama dua hari, tercatat 513 peserta donor darah yang ikut berpartisipasi dalam acara ini. Namun, tidak semua peserta donor darah berhasil menyumbangkan darahnya karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Ya, sebelum peserta donor darah menyumbangkan darahnya, peserta harus melalui beberapa cek kesehatan antara lain BB, tekanan darah, dan HB. Hingga acara ini selesai terkumpullah 339 kantong darah dari para peserta donor darah. Bagi setiap peserta yang berhasil menyumbangkan darahnya mendapatkan stiker, snack, dan flashdisk 8 GB. Sedangakan, bagi peserta yang tidak lolos hanya mendapatkan stiker dari panitia.

 

Dari ke-empat tempat penyelenggaraan acara ini, Perpustakan Pusat UGM lah yang mendapat animo yang luar biasa dari para peserta. Hal ini dikarenakan letaknya yang lebih strategis dibandingkan tempat yang lain. Demikian acara “Aksi Donor Darah” yang telah terselenggara dengan sukses. Semoga di usia yang ke-31 tahun ini UKESMA UGM lebih mampu untuk berkontribusi dan membagikan kebermanfaatan bagi sesama, khususnya di bidang Kesehatan. Salam sehat!!! #Share Life Give Blood

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *