[Press Release] Bakti Sosial

Kegiatan Bakti Sosial Unit Kesehatan Mahasiswa UGM 2016 merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Ukesma dalam rangka merayakan hari ulang tahun Ukesma UGM yang ke-31. Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud kebanggaan tersendiri bagi anggota dan pengurus Unit Kesehatan Mahasiswa masa bakti 2015/2016.

Kegiatan bakti sosial 2016 diadakan oleh Ukesma UGM, tepatnya pada hari minggu tanggal 8 mei 2016 di Dusun Sambikerep, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat melalui kegiatan yang diadakan, serta dapat meningkatkan rasa sosial dan empati bagi para anggota Unit Kesehatan Mahasiswa UGM.

Kegiatan bakti sosial 2016, diawali dengan kegiatan senam lansia yang telah rutin dilakukan oleh para lansia di dusun sambikerep setiap minggu pagi. Setelah senam lansia selesei, para lansia dipersilahkan untuk istirahat terlebih dahulu serta menikmati snak yang telah disediakan oleh panitia.

Acara selanjutnya yaitu pembukaan acara bakti sosial 2016 dengan penyampaian sambutan oleh ketua Ukesma 2015/2016, pembina Ukesma, serta dukuh dusun sambikerep bantul. Acara bakti sosial telah resmi dibuka, dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para lansia. Pemeriksaan kesehatan gratis ini meliputi pemeriksaan BB, Tekanan darah, Gula darah, serta Asam urat. Hasil pemeriksaan tersebut diberikan kepada dokter untuk dilakukan terapi obat dan konseling kepada tiap individu lansia. Setelah lansia menerima konseling dari dokter, lansia tersebut menuju ke pos pengambilan obat gratis untuk menerima obat dan informasi cara pemberian obat oleh apoteker.

Antusiasme warga lansia dusun sambikerep sangat tinggi, sehingga untuk mengatasi kejenuhan saat mengantri dalam pemeriksaan kesehatan gratis ini, panitia memutarkan beberapa video kesehatan serta nonton bareng ketoprak humor. Selain itu panitia bakti soial juga menyediakan 5 doorprize untuk para lansia selama mengantri saat pemeriksaan kesehatan gratis tersebut. Setelah menerima obat yang diberikan oleh apoteker, tiap lansia menerima sembako gratis yang berisi beras,minyak serta teh.

Acara bakti sosial 2016 yang diadakan oleh Ukesma UGM ini berlangsung lancar dan sukses sesuai target yaitu ± 60 lansia. Para lansia sangat senang dengan kegiatan bakti sosial ini terutama dengan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis. Warga lansia dusun sambikerep sangat berterima kasih dengan diadakannya pemeriksaan kesehatan gratis ini, karena dengan kegiatan ini para lansia bisa mengetahui kondisi kesehatan masing-masing lansia serta termotivasi untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit yang rentan dapat diderita oleh para lansia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *