CARA MENGATASI HIPOTERMIA

Hallo pejuang sehat..

Kali ini artikel sehat akan membahas penyakit yang biasa menyerang pendaki gunung. Suhu dingin di puncak gunung yang berbeda dengan suhu di lingkungan biasa, mengharuskan pendaki untuk beradaptasi dengan suhu tersebut. Namun, tidak sedikit pendaki yang tidak bisa beradaptasi dengan suhu di gunung, sehingga mengalami hipotermia. Hipotermia adalah kondisi dimana mekanisme tubuh mengalami drop dan kesulitan mengatur suhu tubuh pada tekanan suhu dingin. Hipotermia terjadi ketika suhu tubuh manusia jatuh jauh di bawah suhu tubuh normal (di bawah 35 °C). Banyak pendaki yang mengalami hipotermia dan berujung meninggal dunia. Kasus tersebut terjadi karena orang-orang di sekitar tidak tau cara mengatasi penyakit hipotermia dengan beberapa peralatan pendakian yang sangat terbatas. Oleh karenanya, artikel ini akan memberikan sedikit informasi tentang beberapa hal yang dapat dilakukan untuk pertolongan pertama penanganan penyakit hipotermia. Simak penjelasan berikut :

 

Pada korban yang sadarkan diri

  1. Bawa masuk ke dalam tenda

Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus. Tenda juga merupakan tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.

  1. Ganti baju basah dengan pakaian kering

Bantulah korban dengan mengganti baju. Jika ada pendaki perempuan, wajib memiliki teman perempuan lain yang ikut dalam rombongan juga.

  1. Berilah minuman hangat

Minuman yang membantu tubuh lebih hangat, seperti minuman jahe, teh hangat

  1. Beri makanan berkalori tinggi

Untuk kondisi darurat, pastikan Anda membawa makanan ringan manis yang cepat mengenyangkan, seperti coklat atau makanan yang berkalori tinggi lainnya.

  1. Hangatkan badan korban

Cara ini bisa dilakukan dengan mengenakan beragam penghangat tubuh, seperti penutup kepala, jaket, kaos kaki, celana hangat dan sleeping bag.

  1. Jika memungkinkan, buatlah api unggun diluar tenda, kemudian arahkan panas apinya ke dalam tenda.

Selain 6 cara di atas, jika anda dan rombongan pendaki belum membangun tenda, dalam artian masih dalam perjalanan untuk mencapai puncak, tetapi ada teman pendaki yang tidak kuat dengan suhu dingin di gunung, maka anda perlu melihat kondisi korban. Apakah korban masih memungkinkan untuk jalan? Jika iya, korban langsung diajak turun lagi agar suhu tubuh dapat kembali seperti sediakala.

 

Pada korban yang tidak sadarkan diri

  1. Bawa masuk ke dalam tenda

Tujuannya untuk menjaga dari angin yang berhembus. Tenda juga merupakan tempat yang cukup hangat ketika berada di alam bebas.

  1. Ganti baju basah secara perlahan

Penggantian baju dilakukan dengan perlahan, pastikan tidak terburu-buru.

  1. Masukan korban ke dalam sleeping bag

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga panas tubuh yang tersisa tidak mudah lepas begitu saja.

  1. Berbagi panas tubuh

Bisa dilakukan dengan cara memegang tangan atau memeluknya. Panas tubuh akan mudah berpindah ketika menempel ke tubuh lainya (kulit ketemu kulit). Pastikan Anda mengetahui etikanya ketika melakukan hal ini.

  1. Sadarkan korban

Cara menyadarkannya bisa dengan menepuk-nepuk pipi atau dengan memanggil namanya. Ketika korban sudah sadar, Anda bisa melakukan langkah penanganan korban hipotermia ketika sadar.

Itulah beberapa cara pertolongan pertama yang dapat kita lakukan saat menemui kejadian hipotermia saat melakukan pendakian. Sekian artikel sehat yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Semangat berjuang untuk tetap sehat! Salam Sehat! (Nilam/DD30)

 

Sumber:

Jejakpendaki.web.id