JAUHKAN SMARTPHONE ANDA SAAT SEDANG TIDUR

Di era global saat ini, memang hal yang mustahil jika manusia dapat hidup tanpa alat teknologi yang kini semakin maju. Perkembangan alat komunikasi handphone kini nyatanya memang semakin maju dan mempermudah manusia dalam berkomunikasi seperti ponsel pintar atau smartphone. Sehingga wajar saja, jika dewasa ini smartphone menjadi salah satu kebutuhan primer setiap manusia. Tapi tahukah anda, bahaya benda berteknologi tinggi ini jika selama 24 jam melekat dan berdekatan dengan tubuh anda. Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui bahwa smartphone kesayangan kalian tersebut sebenarnya memiliki pancaran radiasi tinggi yang tidak terlihat oleh mata manusia. Berdasarkan data dari WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

Selain itu, tahukah anda bahwa benda teknologi kesayangan anda tersebut menyimpan berbagai macam bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Smartphone yang setiap saat anda bawa kemanapun anda berada itu sebenarnya dihinggapi oleh bermacam-macam bakteri dan virus dari berbagai tempat yang anda kunjungi selama ini. Kemudian bayangkan apa yang terjadi pada tubuh jika benda ini melekat dan berdekatan terus pada diri anda selama sehari-hari, apalagi hingga saat waktu istirahat. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa manusia saat ini sangat sulit berpisah dengan smartphone. Bahkan saat berada di tempat tidur dan akan beristirahat.

Berikut adalah beberapa dampak buruk tidur berdekatan dengan ponsel :

  1. Dapat menyebabkan tumor otak

Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus dimana tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur di dekatnya.

  1. Dapat menyebabkan kanker

Radiasi ponsel juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali, sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit dan telingga. Perut juga dapat terpapar radiasi ponsel sehingga menyebabkan kanker, karena ketika tidur si pemilik tidak sadar kerap meletakkan di bawah tubuh dan menindihnya.

  1. Terbakar dan meledak

Media massa seperti televisi dan surat kabar pernah memberitakan kasus ponsel meledak dan terbakar ketika si pemilik sedang tertidur sehingga melukainya. Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik ponsel mengisi ulang daya, kemudian tertidur di sisinya. Ketika daya sudah penuh, lupa mencabut, maka ponsel akan menjadi panas. Bila sampai terjadi korsleting, dapat membuat ponsel meledak hingga terbakar.

  1. Menyebabkan sakit kepala

Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan muntah.

  1. Menyebabkan tidak bisa tidur dengan nyenyak

Ponsel dapat menyebabkan seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak, entah karena asyik memainkan permainan, bertelepon ria dengan pacar, sibuk membaca informasi-informasi dari internet. Ponsel juga dapat menyebabkan si pemiliknya selalu merasa was-was, merasa gelisah dan tegang.

  1. Serangan jantung

Pada beberapa kasus pernah ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika saat mendengar ponselnya berdering di tengah malam, bisa jadi yang bersangkutan kaget sehingga mengalami serangan jantung.

  1. Memperparah Alzheimer

Penyakit Alzheimer memang tidak menular dan umumnya menyerang seseorang yang sudah tua. Namun, bagi mereka yang terbiasa tidur di dekat perangkat ini, radiasinya dapat mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer.

  1. Menyebabkan kelelahan

Ponsel yang berada dekat dengan pemiliknya dapat membuat kualitas tidur menjadi tidak nyenyak. Meskipun Anda tertidur, namun sesungguhnya Anda masih tersadar, ketika tertidur, anda mengingat beberapa hal yang terjadi. Hal ini dapat membuat Anda mengalami kelelahan ketika bangun pada keesokan harinya.

  1. Menghambat metabolisme tubuh

Diketahui bahwa ketika seseorang tertidur, sesungguhnya di saat inilah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif. Oleh karena itu, bila seseorang terpapar radiasi ponsel atau tidur menjadi tidak nyenyak, maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan ataupun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.

  1. Mengganggu kehamilan

Penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Medicine. Radiasi yang dihasilkan dari ponsel pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk apalagi jika anda terbiasa meletakan ponsel di dekat rahim anda. Wanita yang meleletakan ponsel di area tubuh merupakan tindakan yang fatal, termasuk rahim sebagai alat reproduksi wanita mengakibatkan menganggunya kerusakan sel sehingga menyebabkan keguguran pada usia janin pada usia dua atau tiga bulan.

  1. Menyebabkan jari lelah

Walaupun terlihat sebagai aktivitas sederhana, tetapi mengoperasikan smartphone yang berlebihan itu mampu membuat jari-jemari anda menjadi cepat lelah. Hal ini terutama terjadi ketika anda sedang berada di tempat tidur dan tengah menggunakan smarphone dalam posisi berbaring dan gadget berada di atas kepala. Jika hal tersebut kita lakukan dalam durasi yang lama, maka selang waktu 10-20 menit, jari-jari kita akan merasa lelah dan kondisi ini berkemungkinan dapat bertahan hingga keesokan hari. Oleh karena itu, sebaiknya smartphone tidak diletakan berdekatan dengan tempat tidur anda agar anda tidak tergoda untuk menggunakannya.

Demikian artikel sehat tentang bahaya tidur berdekatan dengan ponsel. Pejuang sehat, yuk mulai dari sekarang biasakan menjauhkan ponsel saat tidur dan mengurangi penggunaan ponsel demi kesehatan kita. Tetap semangat berjuang untuk sehat guys! Salam sehat! (Risti/DD30)

 

REFERENSI :

http://bidanku.com/5-bahaya-radiasi-ponsel-untuk-kesehatan-wanita

https://keluarga.com/1381/kesehatan/9-dampak-negatif-tidur-dekat-ponsel

https://anekatop10.com/10-alasan-mengapa-kamu-tidak-boleh-tidur-dekat-ponsel