Penanganan Luka Bakar

Halo Pejuang Sehat !

Artikel kali ini kita akan mmbahas tentang luka bakar.

Berbicara mengenai luka bakar, kulit merupakan bagian tubuh yang sangat rentan mengalami luka bakar. Seringkali, kita tidak mengatasi luka bakar secara baik dan benar. Lalu, apa yang dimaksud dengan luka bakar itu sendiri?

Luka bakar adalah cidera yang terjadi akibat paparaan terhadap suhu tinggi. Luka bakar sendiri diklasifikasikan menjadi 3 derajat, yaitu :

  1. Luka bakar derajat I

Pada luka bakar derajat I, kulit yang terluka hanya di bagian atas, kulit akan berwarna kemerahan, kering, dan bengkak. Luka ini biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari langsung.

  1. Luka bakar derajat II

Terjadi ketika dua lapisan pertama kulit terluka. Pada derajat ini, kulit akan berwarna kemerahan, bengkak, terbentuk lepuhan, dan rasa nyeri pada luka.

  1. Luka bakar derajat III

Kerusakan yang terjadi pada luka bakar derajat III ini menyerang tiga lapisan kulit, bahkan dapat juga mengenai bagian jaringan, otot, saraf tulang, serta lemak yang ada di bawah kulit. Pada derajat ini, kulit akan berwarna kemerahan, putih, mengilat, bahkan hitam. Selain itu, akan terbentuk lepuhan dengan cairan putih di dalamnya serta timbul rasa nyeri di daerah luka, bahkan dapat tidak ada rasa nyeri ketika luka bakar mengenai bagian saraf.

Terdapat berbagai penyebab dari luka bakar, diantaranya adalah radiasi, penyakit kanker, paparan zat kimia, paparan sinar ultra violet, sengatan aliran listrik, dan paparan suhu panas. Adapun pertolongan pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi luka bakar yaitu:

  • Menyingkirkan pakaian atau aksesoris yang menutupi luka bakar
  • Mendinginkan luka dengan air biasa selama 20-30 menit.
  • Membersihkan dan menutup luka bakar dengan perban atau kain bersih
  • Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit
  • Menjauhkan luka dari paparan sinar matahari
  • Hindari memecah lepuhan agar tidak terjadi infeksi pada luka

Selain itu, segera menuju fasilitas pelayanan kesehatan apabila luka bakar :

  • Terjadi akibat bahan kimia dan listrik
  • Terjadi di kulit seluas 2,5cm kuadrat atau lebih
  • Terjadi pada sebagian lapisan kulit wajah, tangan, lengan, kaki, atau alat kelamin
  • Terjadi pada wanita hamil dan balita

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai luka bakar. Jadi kenali dan tangani luka bakar dengan baik dan benar. Semangat memperjuangkan kesehatan, pejuang sehat! Salam sehat! (Bertha/DD30)

 

Sumber :

http://lukabakar.org/

http://www.alodokter.com/luka-bakar/