RANGKAIAN HUT UKESMA 33 [TALKSHOW KESEHATAN]

Unit Kesehatan Mahasiswa (Ukesma) Universitas Gadjah Mada Kembali melaksanakan kegiatan Talkshow Kesehatan yang bertempat di Ruang A Lantai 1 Grha Shaba Permana. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 12 Mei 2018 sebagai salah satu rangkaian acara untuk memperingati hari ulang tahun Ukesma yang ke-33.

Talkshow Kesehatan kali ini mengusung tema “Lebih Dekat Tanpa Sekat” dengan judul “How to Interact Properly with People Who Have Disabilities” yang berfokus pada cara berkomunikasi yang baik dengan penyandang disabilitas. Kegiatan ini dimoderatori oleh Bianglala Andriadewi, S.Psi dan mengundang 3 pembicara yang handal dibidangnya, antara lain :

  1. Ibu AisahIndati, M.S, dosen Fakultas Psikologi UGM
  2. Gustian Hafidh Mahendra yang menyandang bisu dan tuli selaku ketua Deaf Art Community (komunitas bisu dan tuli se-Yogyakarta)
  3. Tris Sunandar, teman netra, selaku ketua komunitas Braille

Talkshow ini juga dimeriahkan oleh penampilan Live Accoustic dari Teater Gadjah Mada dan penampilan beat box and dance dari Deaf Art Community.

Tak hanya itu, Talkshow ini juga menghadirkan juru bahasa sebagai penerjemah dari bahasa verbal ke bahasa isyarat maupun sebaliknya.

Talkshow ini mendapat respon positif dari berbagai kalangan, baik dari mahasiswa maupun masyarakat umum. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang hadir dalam talkshow tersebut berharap dapat diadakanya talkshow lanjutan. Tak sedikit dari mereka yang merasa terinspirasi setelah diadakannya talkshow ini.

Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat tidak lagi memandang sebelah mata penyandang difabel dan tidak canggung serta mengatahui cara berkomunikasi dengan penyandang difabel.

 

dokumentasi