Pendidikan dan Pelatihan Lanjut Search And Rescue (DIKJUTSAR)

Pendidikan dan Pelatihan Lanjut Search And Rescue (DIKJUTSAR) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Ukesma UGM untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam melakukan pertolongan pertama di alam bebas. DIKJUTSAR kali ini merupakan DIKJUTSAR Gunung Hutan yang dilaksanakan 2 tahun sekali bergantian dengan DIKJUTSAR Air. DIKJUTSAR Gunung Hutan selain memberikan pengetahuan mengenai pertolongan pertama di alam bebas juga memberikan pengetahuan mengenai IMPK(Ilmu Medan Peta dan Kompas) serta Manajemen Operasi SAR. DIKJUTSAR terdiri dari dua rangkaian utama yaitu diklat ruang dan simulasi.

Diklat ruang dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Maret 2017 di Gelanggang Mahasiswa UGM. Diklat ruang bertujuan ubtuk memberikan dasar-dasar ilmu yang diperlukan selama kegiatan di alam bebas. Materi yang disampaikan saat diklat ruang terdiri dari 8 materi, yaitu :
1. Ilmu Medan Peta dan Kompas oleh Mapagama UGM.
2. Manajemen Pertolongan Pertama oleh Aulia Setyo, anggota Ukesma UGM.
3. Penyakit Gunung Hutan Kecelakaan di Alam Bebas oleh PMI Kota Yogya
4. Manajemen Logistik oleh Tagana.
5. Manajemen Operasi SAR oleh Sarda.
6. Evakuasi Medan Sulit oleh Sarda.
7. Tali temali oleh Magmagama Fakultas Geologi UGM.
8. Teknik Komunikasi oleh Menwa UGM.
Materi diklat ruang disampaikan dengan metode presentasi, diskusi, dan praktik .

Simulasi dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 April 2017 dengan total 12 orang peserta di Bukit Turgo, Purwobinangun, Pakem, Sleman. Simulasi dilakukan untuk menguji hasil materi yang disampaikan saat diklat ruang dan memberikan pengalaman kegiatan alam bebas kepada anggota. kegaiatan simulasi ini bekerjasama dengan Mapagama UGM dalam pelaksanaannya. Simulasi diawali dengan menguji kemampuan pertolongan pertama anggota melalui PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat). Kemudian peserta diarahkan untuk melakukan IMPK dan Manajamen Operasi SAR untuk mencari dan menemukan survival yang sedang hilang. Saat menemukan survival peserta harus memberikan pertolongan pertama kepada survival sebagai praktik pertolongan pertama di alam bebas. Peserta juga mengevakuasi survival ke tempat yang aman sebagai praktik evakuasi di alam bebas. Kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi untuk perbaikan kegiatan kedepannya.

 

Dokumentasi :